Page 1 of 1

Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 22nd, 2011, 11:47 pm
by mBenQ
sore tadi dimintain tolg ma temen wat downgrade laptop barunya ke XP.
Dicoba berkali2 tetep aja BSOD pas copying files di text mode. Karena buru2 mau pulg ya udah balikin lagi ke 7.
Plis inponya donk, apa judul trit ini bener?
thx b4

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 23rd, 2011, 12:42 am
by ilham
onlen dari kemaren cuma satu posting doang yang ada :((
Pada pulkam kali ya Om??? :D

Ntu maksute pas ngopi ato sebelum ngopi???

Hoaaaaaaa :(( :(( :((
*sunyi-sepi-sendiri-aku-benci...Pecahkan-saja gelasnya-biar-ramai...Biar-mengaduh-sampai-gaduh*

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 23rd, 2011, 1:19 am
by inoetea
BSOD itu mnandakan adanya error yg cukup fatal di dlm system yg brsangkutan. Biasanya BSOD timbul dgn membawa pesan yg mn pesan tsb bisa qta lacak apa inti prmasalahannya? Yg namanya system operasi sih cocok2 aja rasanya. Seri Core I itu di disain brjalan optimal di Windows 7. Makanya sering ada kasus gak trsedianya driver siap saji u/ Windows XP alis kudu download sndiri.

Pesan2 BSOD itu sndiri mungkin spt ini:
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Kenapa? Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Daftar Penyebab:
- Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
- Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
- Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang kepanasan
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.Itulah sepuluh pesan yang umumnya muncul di BsOD.

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 23rd, 2011, 4:07 am
by ilham
Ehm.. Banyak amat yah? :))
Masukan dikit Om, biasanya kalau bsod sebelum ada tulisan "tekan enter untuk setup" (setelah loading driver sebelum ngopi file) ntu karena driver sata/ide belum dimasukan atau tidak update, nah kalo pas copying file bsod ntu bisa jadi karena ada kerusakan disector memori atau bisa juga driver sata/ide tidak update, atau bisa juga karena si mobo tidak membaca geometry harddisk dengan tepat.
Untuk tes kerusakan ada diperangkat atau driver coba boot dg cd gnu linux running from cd (ubuntu, knoppix, p.magic, dll) yg baru, waktu bootmenu di situ ada pilihan buat tes memori, jika pas/lulus coba juga running linux tsb dari cd, adakah kendala yang terjadi? :D
*beuh*

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 23rd, 2011, 8:17 am
by inoetea
Masih banyak, Mas. Klo error yg dimaksud mas Mbeng spt yg mas Ilham maksud diatas
ilham wrote:biasanya kalau bsod sebelum ada tulisan "tekan enter untuk setup" (setelah loading driver sebelum ngopi file) ntu karena driver sata/ide belum dimasukan atau tidak update, nah kalo pas copying file bsod ntu bisa jadi karena ada kerusakan disector memori atau bisa juga driver sata/ide tidak update, atau bisa juga karena si mobo tidak membaca geometry harddisk dengan tepat.

itu mungkin di BIOSnya u/ antar muka HD ter-set AHCI, mutlak butuh driver SATA. Mungkin klo dirubah ke IDE bisa lancar w/o qta harus tekan tombol F6 saat awal POST u/ masuk ke menu install driver SATA nativenya. Bagian ini amat bikin repot krn XP blum fleksible kek Vista/7 (gak prlu pake diskette/floppy n bisa browse langsung ke media apa aja).

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 23rd, 2011, 9:54 am
by TUFF Stough
Gak mau XP? OSX aja. :))

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 23rd, 2011, 7:52 pm
by mBenQ
inoetea wrote:Masih banyak, Mas. Klo error yg dimaksud mas Mbeng spt yg mas Ilham maksud diatas
itu mungkin di BIOSnya u/ antar muka HD ter-set AHCI, mutlak butuh driver SATA. Mungkin klo dirubah ke IDE bisa lancar w/o qta harus tekan tombol F6 saat awal POST u/ masuk ke menu install driver SATA nativenya. Bagian ini amat bikin repot krn XP blum fleksible kek Vista/7 (gak prlu pake diskette/floppy n bisa browse langsung ke media apa aja).


yah kayaknya ni masalah pengaturan SATA, soale begitu dipasangin 7 gak ada tuh BSOD. boot dari Chip CD (DOS) kesulitan FDISK. Kalo diboot pake PartedMagic ma HBCD normal semua tuh.
terus waktu partitioning, koq 7 bikin partisi kecil dulu ya (100MB) sebagai System Partition baru Primary Partition? Di desktop ane koq gak ada kayak gitu? Lagi2 apakah karena pake leptop temen SATA sementara punya ane IDE?

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 24th, 2011, 10:49 am
by inoetea
System reserved itu partisi khusus yang dibuat oleh Windows 7 (defaultnya tersembunyi, hanya bisa dilihat menggunakan perintah mountvol atau diskmgmt.msc). Fungsinya untuk menyimpan data khusus boot/BCD storage Windows 7 (biar gak terhapus secara tidak sengaja). Kalaupun tidak pakai System Reserved, Windows 7 akan menggunakan partisi lain untuk menyimpan BCD (bukan di drive C:). CMIIW. Gak ada hubungannya antara pembentukkan partisi trhadap SATA/IDE mnurut saya. CMIIW.

Re: Core i3 gak mau XP?

PostPosted: April 24th, 2011, 9:30 pm
by ilham
CMIIW juga :D , 100MB itu partisi kusus buat buut, ikut2an GNU Linux, itu otomatis dibuat jika pilih "pakai semua isi di harddisk" waktu pilih partisi untuk win7, kalo ga mao ada 100MB pilihlah custom partition.