TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Forum untuk membahas tentang Otomotif

TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby Hendz » May 3rd, 2010, 9:15 am

Image

Ada yg punya MX di rumah? Pasti ada dOnk :D
Nih tips-tipsna:

==
== 1. Dongkrak Power MX jadi ---> MAXXX
==


Ga kyk mesin YZF-M1 nya Maz Rossi, or, YZF-R1 na Oom Ben Spies -- tenaga mesin Yamaha Jupiter MX 135LC4V belum keluar semua. Sayang bgt kan? Seperti dibatesin. Soale CDI aslinya slalu dikasih limiter. Mao copot itu limiter? CDI lngsg ancur :)) Cara paling gampang, ganti pake CDI racing. Seperti buatan BRT (Bintang Racing Tim) from Cibinong. Atau pilihan lain CDI Lampung buatan Rendy Yusticia. Tapi skrg jg dah bnyk CDI-CDI racingan khusus wat MX

Ukuran peranti pengatur timing pengapian Jupiter MX lumayan gede, sebab nyatu bareng ama sensor extra-fan (kipas radiator). Ada dua soket di CDI. Soket pertama besar, terhubung ke CDI. And, soket yg kedua kecil ngarah ke sensor kipas.

Lepas soket besar (Gambar kiri). Dari kabel bisa dicangkok pakai kabel dari soket CDI milik Jupiter-Z. Soket CDI Jupie ini bisa dibeli di toko2 spareparts. Atau kalau kepalang tanggung mah beli kabel bodi imitasi. Paling mahal 40 rebu. Cukup ambil soket CDI-nya ae.

Cangkok ke kabel soket MX. Oranye (koil) ketemu oranye. Putih (pulser) ketemu putih. Cokelat (setrum) ketemu cokelat. Hitam (ground/massa) ketemu hitam. Satu lagi, merah (massa Jupiter) ketemu hitam setrip biru di kabel soket Jupiter MX. Beres dah!

Tinggal hasil cangkokan itu diisolasi agar aman (Gambar kanan). Disusul pasang CDI baru di soket baru. Silakan coba. Tp jangan kaget bila lampu indikator suhu ga fungsi. Lainnya fungsi normal, seperti kipas tetap jalan jika mesin sudah panas.
Ada lagi yang dikorbankan, sensor di karburator agar irit bensin, ga bakal kerja. Tapi bener2 sebanding ama hasilnya. Pakai CDI racing ini, putaran mesin lepas and keluar semua. Power mesin terdongkrak jauh. Muantep abizzzz :D

Image Image

NB:
Tipz diatas, kata teknisi2 racing, cuma berlaku KALO qta beraliran extreme.
Sdgkan modifikasi CDI yg paling umum, gamao capek minim risiko, cukup lngsg ganti baru aja.
Skrg dah bnyak yg jual CDI Racing khusus tiap2 motor. Tapi untuk MX seharga 700 rebuan :(


==
== 2. BUSI YG TOK-CERRRR...!
==


Pake tipe IRIDIUM:
-- NGK IRIDIUM: model CR7EIX atao CR8EIX
-- DENSO IRIDIUM: tipe IU22 atao IU24 tergantung temperatur lokal area kita.
Kalo di suhu dingin, pake CR7EIX/IU22 .. Kalo suhu medium (22-31 Celcius) pake yg laen.
Efeknya positiv banget. Torsi kenceng dgn RPM rendah. Soale bahan Iridium selalu bikin akurasi tinggi saat spark-time. Ga males2-an kyk busi biasa, apalagi kalo dah molai soak. Coba dech :)

Ni dia daftar tipe busi buatan Denso sbg komparasi lngsung Iridium:
-- NGK JAPAN PLATINUM = CPR8EA9
-- DENSO PLATINUM = U24EPR9 (Asia Tenggara)
-- DENSO IRIDIUM = IU24 (product #067700-9270)
-- DENSO IRIDIUM RACING = IU01 (product #267700-1010)
http://www.globaldenso.com/PLUG/search/ ... cycle.html (bisa juga pake busi nya V-ixion)

Nah skrg tinggal aturan pake nya. Menurut buku manual 135LC4V (chapter 2-2), GAP (jarak) elemen atas-bawah KUDU 0.8 s/d 0.9 mm. Busi Denso IU24 punya gap 0.9mm (http://www.globaldenso.com/PLUG/power/spec.html). Maka berarti, Denso IU24 langsung cocok dengan MX (ga perlu ngatur gap). Yg tipe Iridium Racing juga sama.
:)

==
== 3. Setel Sendiri Karburator...
==


Ga smua org bisa nyeteL karburator motor, skalipun pemiliknya sendiri, atao bahkan teknisi .. soalnya AIR+FUEL MIXTURE KUDU BENER2 PAS!!! Akibatna, akan menambah power + akselerasi mesin. Yg salah seteL, bakal boroz bensin and loyo. Dah pasti dech :D --Mao coba yg bener? Nih caranya:
-- Setelan awal Pilot Air Screw dari pabrik = 1-5/8 putaran keluar
-- Setelan maximum Pilot Air Screw yg diperbolehkan = 2-1/4 putaran keluar
-- Tergantung sudut kemiringan dimana qta tinggal, pegunungan atau area dataran (se-level dgn laut).
Setelan hanya antara 2 putaran s/d 2-1/2 putaran aja (di daerah pegunungan). Kalo di daerah datar 2 s/d 2-1/4 putaran.
MX pnyaku 2-1/4 dah oke bangetz :)

Cara Putar Pilot Air Screw (Chapter 3:11 Buku Manual 135LC4V):
-- Panasin mesin
-- Matiin begitu udah panas
-- Puter PILOT AIR SCREW KE KANAN (ke dalam) sampai nutup abiz
-- Tandain pas nutup sampai abiz tadi (bakal jadi tanda utk tahu bahwa itu 1 putaran penuh 360-derajat)
-- Skrg setel 2 1/4 putaran aja KEKIRI (ke luar) pelan2.
Udah cuma itu aja truz, naikin motorna ke jalan raya, pacu sekencangnya and perhatiin bunyi mesin. Masih kasar atao dah aluz. Setel ulang mpe sehaluz2nya putaran mesin tapi knalpot ga boleh berasep
:)
Last edited by Hendz on May 3rd, 2010, 2:54 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Hendz
Member Kesayangan
 
Posts: 3178
Joined: February 16th, 2010, 7:51 pm
Location: JazLoMa

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby TUFF Stough » May 3rd, 2010, 11:16 am

Pertama2 setel air screw-nya dulu sambil menahan grip gas pada rpm 3000 (feeling bagi yang motornya gak punya takometer). Air-screw-nya ditutup searah jarum jam hingga full, baru kemudian dibuka perlahan-lahan hingga suara motor yang paling kencang. Biasanya sekitar 2,5 ~ 3 putaran 360º.

Kemudian setel idle-screw-nya hingga motor hampir mati saat idle.

Itu sih cara yang ane tahu. :">
TUFF Stough
VIP Member
 
Posts: 637
Joined: December 4th, 2009, 6:11 pm

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby Hendz » May 3rd, 2010, 12:36 pm

Yiah gt jg boleh :D
User avatar
Hendz
Member Kesayangan
 
Posts: 3178
Joined: February 16th, 2010, 7:51 pm
Location: JazLoMa

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby REC*303 » May 3rd, 2010, 4:36 pm

tetap aja masih kalah sama CS1

No Offense ya... ;)
Image
Image
User avatar
REC*303
Rada Gaul
 
Posts: 342
Joined: November 21st, 2009, 1:00 pm

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby Hendz » May 3rd, 2010, 7:13 pm

Whoaaaa malah disuru lawan CS1. O'ooo yg body-benconk ntu ye? Ga dech. Kabur ae gw. Bkn atut cuma jijayyy~~~
Sorry no offense jg yax :D Lagian ni cm tipz, bkn wat musuan
User avatar
Hendz
Member Kesayangan
 
Posts: 3178
Joined: February 16th, 2010, 7:51 pm
Location: JazLoMa

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby ilham » May 3rd, 2010, 7:43 pm

@Mas Tuff : Ada trick tidak biar kita tahu itu RPM sudah 3000? :) TQ.
■M55 ■CT65@SL65(EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■CX75(CPU208MHz,RAM5MB,EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■M75
■MA-8720P ■MA-8730P ■HHS-550 ■IFL-600

Bersama Siemens®, dunia dalam genggaman! (Powered by ELFs) :)
Siemens-XP's WAPsite: http://siemensxp.com/wap
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3037
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby TUFF Stough » May 3rd, 2010, 7:44 pm

Bagi biker baek2 kek ane, pantang tuning motor buat kebut2an di jalan raya. Paling biar lincah nyalip2 ama irit bbm aja.

Tapi sekali2 tes performa motor di jalanan kosong sih ok2 aja. :p
TUFF Stough
VIP Member
 
Posts: 637
Joined: December 4th, 2009, 6:11 pm

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby maz_dede » May 3rd, 2010, 7:47 pm

paling gampang ya ganti head blok silinder dan piston punya vixion. karbu pake pe28
im3 : 08562987256
simpati : 081393047806
maz_dede@yahoo.com
maz_dede@siemensxp.com
User avatar
maz_dede
Rada Gaul
 
Posts: 151
Joined: December 1st, 2009, 6:59 pm
Location: solo

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby TUFF Stough » May 3rd, 2010, 7:51 pm

@ilham: pake feeling aja. Biasanya kita sering oper gigi saat rpm mencapai putaran optimal. Nah nilai optimal itu yg dijadikan acuan setting air screw.
TUFF Stough
VIP Member
 
Posts: 637
Joined: December 4th, 2009, 6:11 pm

Re: TIPS: Jupi MX Disulap Jadi Jupi MAXXX

Postby mamed_3279 » May 4th, 2010, 12:29 am

maz_dede wrote:paling gampang ya ganti head blok silinder dan piston punya vixion. karbu pake pe28


kalo tahan duitnya lebih gampang ganti motor TZM =))
Image
User avatar
mamed_3279
Gaul
 
Posts: 1453
Joined: November 18th, 2009, 10:16 pm
Location: Djakarta

Next

Return to Otomotif